DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA BARIMBUN KEC TANTA KAB TABALONG
PENGARANG:ISNINA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-24


 

ABSTRAK

 

Isnina Damayanti, D1B115215, 2019, Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Barimbun Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Dibawah Bimbingan Jamaludin selaku dosen pembimbing I. dan H.Saifudin selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Barimbun Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Kinerja kepala desa dalam pembangunan jalan di ukur dengan menggunakan Pendapat dari Sedarmayanti yang terdiri dari Prestasi Kerja, Kualitas, Perilaku, Kepemimpinan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sumber data berupa pedoman wawancara untuk data primer dan arsip serta dokumen untuk data sekunder. Data yang diperoleh di analisis dengan Kualitatif Deskriptif.

TipePenelitian ini menggunaan  penelitian kualitatif deskriptif dan informan penelitian adalah Aparatur desa, sekretaris desa, dan masyarakat.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan, wawancara, dokumentasi dan analisis            .

 

Hasil penelitian ini menunjukan kinerja kepala desa dalam pembangunan infrastruktur di desa barimbun kecamatan tanta kabupaten tabalong secara keseluruhan sudah cukup baik, dilihat dari teori Sedarmayanti yaitu, Prestasi kerja, kepala desa terhadap pembangunan jalan di desa barimbun dinilai sudah cukup baik dan masyarakat sangat puas terhadap pembangunan. Kualitas,  pencapaian yang sudah dilakukan kepala desa sangat lah banyak seperti dari pembangunan infrastruktur. Perilaku,  kepala desa dalam kewenangan nya sebagai pemimpin desa. Seperti hal nya yang di ungkapkan aparatur desa mengenai bagaimana perilaku kepala desa sebagai pemimpin desa dalam melakukan pembangunan yang ada di desa  sudah bisa dikatakan cukup baik dan sudah terlaksana semua pembangunan yang ada di desa barimbun. kepemimpinan, mengenai kepemimpinan kepala desa seperti hal nya yang di ungkapkan aparatur desa mengenai kepemimpinan kepala desa selama ini dalam melaksanakan pembangunan yang ada di desa  dinilai sudah cukup baik. Dalam melaksanakan pembangunan kepala desa dibantu aparatur desa dan juga masyarakat dalam melaksanakan pembangunan yang ada di desa barimbun.

Kepada Kepala Desa Barimbun perlu adanya keterbukaan dengan masyarakat seperti hal nya pembangunan jalan desa dan ikut melibatkan masyarakat dalam hal pembangunan Infrastruktur desa tersebut atau pembangunan yang lainnya, dan perlunya masyarakat Desa Barimbun selalu ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan desa yang ada di Barimbun.

 

Kata Kunci : Kinerja, Kepala Desa, Pembangunan infrastruktur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI