DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN PENGAMBANGAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:MAULINA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-24


ABSTRAK

 

Sari, Maulina Sari (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Student Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping Dan Make A Match  Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas belajar, IPS Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan, Model Student Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping Dan Make A Match

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman dan aktivitas siswa dalam belajar yang berdampak pada hasil belajar terutama muatan IPS dapat dilihat dari minat siswa yang masih kurang mampu mendeskripsikan materi muatan tema peristiwa dalam kehidupan. Lalu kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terutama bekerja sama dalam kelompok yang menyebabkan siswa menjadi cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat ataupun pertanyaan dan pembelajaran pun masih bersifat monoton yang membuat siswa merasa bosan saat belajar IPS, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut Peneliti memecahkan permasalahan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping Dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Adapun jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin dengan jumlah 26 orang siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis di akhir pelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru kualifikasi sangat baik yaitu mendapat skor 30-36, aktivitas siswa ≥80% dari jumlah siswa memperoleh kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil belajar ≥80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥66.

Penelitian ini menunjukkan terjadi kecenderungan peningkatan aktivitas siswa muatan peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping Dan Make A Match. Pelaksanaan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 22 dengan kategori cukup baik lalu meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pertemuan 1 secara klasikal mendapat nilai 23,07% meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 hanya 38,44% kemudian meningkat pada pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 88,44%.

Berdarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model tersebut dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin meningkat dan hipotesis dapat diterima. Penelitian ini disarankan sebagai alternatif dalam pemilihan model untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI