DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE, TALKING STICK, DAN MAKE A MATCH PADA KELAS V SDN DALAM PAGAR ULU 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RIZQINI AHYA KHALIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-24


ABSTRAK

Khalis, Rizqini Ahya. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Example Non-Example, Talking Stick, dan Make a Match pada Kelas V SDN Dalam Pagar Ulu 2 Kabupaten Banjar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil belajar, Example Non-Example, Talking Stick, dan Make a Match

Penelitian rendahnya hasil belajar PKn pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan dilakukan atas dasar temuan bahwa 73% siswa yang hasil belajar muatan PKnnya masih dibawah KKM(70). Sehingga peneliti mengkombinasikan model Example Non-Example, Talking Stick, dan Make a Match dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran PKn Tema Udara Bersih bagi Kesehatan.

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu pertemuan setiap siklusnya. Bertempat di SDN Dalam Pagar Ulu 2 tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian 17 orang siswa terdiri dari 3 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Analisis data kuantitatif melalui evaluasi hasil belajar dan data kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Penelitian berhasil apabila aktivitas guru mendapatkan kategori ”Sangat Baik”, aktivitas siswa berkategori ”Sangat Aktif” dan hasil belajar secara individu mencapai ≥70 serta secara klasikal mencapai ≥82%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh krieria Baik menjadi Sangat Baik pada siklus II dan III. Aktivitas siswa pada siklus I berkategori Aktif dengan persentase 53,12% menjadi Sangat Aktif dengan persentase 89,70% disiklus III. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 69% menjadi 88% pada siklus III.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Example Non-Example, Talking Stick, dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar muatan PKn Tema Udara Bersih bagi Kesehatan Kelas V SDN Dalam Pagar Ulu 2. Adapun kombinasi model ini dapat dijadikan alternatif dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI