DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ALUR DISTRIBUSI DAN PROSPEK EKSPOR OLAHAN TENGGIRI BAKUDUP DI KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSIKALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:DWI RAHMADANI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-25


ABSTRAK

 

DWI RAHMADANI SAPUTRA (G1E115012). Prospek Ekspor Ikan Olahan Tenggiri Bakudup Di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan dengan Tim Pembimbing Dr. Hj. EMMY LILIMANTIK, S.PI., MP dan TRY DEKAYANTI S.Pi, MP

Usaha pengolahan hasil tangkapan ikan merupakan usaha yang dilakukan oleh masyarakat di Desa tabanio yaitu pengolahan hasil tangkapan ikan basah lalu dikeringkan salah satu contoh pengolahan yang ada di Desa nya yaitu Ikan Bekudup. karena letak desa yang strategis dan mendukung untuk mata pencaharian sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup baik kebutuhan primer maupun sekunder.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pola saluran pasar ekspor ikan olahan tenggiri bakudup di Desa Tabanio. (2) Menganalisis prospek pasar eksporikan olahan tenggiri bakudup di Desa Tabanio; Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Metode pengambilan data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 15 responden.

Analisis data untuk tujuan pertama menggunakan analisis snowball sampling yaitu mengetahui pola saluran pemasaran usaha pengolahan hasil tangkapan yang dijalankan oleh masyarakat nelayan yang ada di Desa Tabanio dan metode sensus yang digunakan pada usaha pengolahan  ikan kering bakudup yang melibatkan seluruh pengolah  ikan kering bakudup yang berada di Desa Tabanio sebagai responden pemberi informasi. Analisis data untuk tujuan kedua menggunakan analisis SWOT. Matriks SWOT digunakan untuk menyusun strategi usaha dengan memadukan dan menyesuaikan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki usaha, dengan peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi usaha.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI