DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Honda Beat di Banjarmasin
PENGARANG:ARMINA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-26


Saat ini masyarakat Banjarmasin merasa puas dengan apa yang ditawarkan oleh sepeda motor Honda Beat, hal ini disebabkan oleh harganya yang terjangkau, kualitas dari produknya nya cukup baik dan bermutu, serta citra dari mereknya cukup populer pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan masyarakat di Banjarmasin dalam menggunakan sepeda motor Honda Beat.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 75 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 25.

Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji t bahwa variabel harga memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan  dengan tingkat signifikansi sebesar 0,046 yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai α yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama (H1) penelitian ini diterima. Kemudian variable kualitas produk juga memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,047 yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai α yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua (H2) penelitian ini diterima. Kemudian variable citra merek juga memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,012 yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai α yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga (H3) penelitian ini diterima. Sedangkan berdasarkan uji F harga, kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis keempat (H4) penelitian ini diterima, kemudian berdasarkan uji koefisien determinasi memiliki nilai Adjusted R Square 0,414 atau sebesar 41,4%, artinya variable harga, kualitas produk dan citra merek mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 41,4%, sedangkan 58,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan masyarakat di Banjarmasin dalam menggunakan sepeda motor Honda Beat dipengaruhi oleh variable harga, kualitas produk dan citra merek.

Kata Kunci: harga, kualitas produk, citra merek, kepuasan pelanggan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI