DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV B DI SDN 5 SUNGAI ULIN BANJARBARU
PENGARANG:VINI PUTERI FANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-26


Fani, Vini Puteri. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Menggunakan Model Examples Non Examples dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick Pada SiswaKelas IV B di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. M.Saleh, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas guru, Aktivitas siswa, Tema 9, Examples non Examples, Numbered Head Together, Talking Stick.

 

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam pembelajaran pada tema 9berkaitan tentang Sumber Daya Alam. Hal ini disebabkan karena pembelajaran satu arah, dan waktu yang sempit yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Examples Non Examples dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru.

 

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 5 Sungai Ulin Banjrabru semester 2 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa. Data Kualitatif diperoleh melalui instrumenpenelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes tertulis evaluasi siswa. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikalmencapai >82% dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal >80% mendpatkan >73.

 

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh skor 32 dan pada siklus II mencapai skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas Siswa Secara Klasikal pada Siklus I memperoleh 48,5% dan meningkat pada Siklus II menjadi 89,5% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 75,9% dan pada Siklus II mencapai 89,7%.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penelitian ini sebagai alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS materi Sumber Daya Alam untuk meningakatkan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI