DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V B SDN KUIN UTARA 4
PENGARANG:ROMADHONA DYAH AYU PRAMESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-26


Pramesti, Romadhona Dyah Ayu. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Matematika Menggunakan Model Direct Instruction (DI) Dikombinasikan dengan Number Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Kuin Utara 4. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Abdul Salam M., S.Pd., M. Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Direct Instruction, Number Head Together, dan Team Games Tournament.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperbaiki aktivitas siswa dan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan aktivitas guru di kelas VB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin.  Sehingga diperlukanlah upaya untuk meningkatkan pembelajaran dengan mengkombinasikan model Direct Instruction (DI), Number Head Together (NHT)dan Team Games Tournament (TGT).

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif  dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin dengan jumlah siswa 33 orang. Jenis data  yang digunakan dalam penelitian  ialah data kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan kuantitatif melalui tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian didapatkan bahwa pada siklus II pertemuan 2 aktivitas guru diperoleh skor 27 dengan persentase 96,4% memperoleh kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pun meningkat dengan memperoleh skor 30 dengan persentase 90,9%  kriteria sangat aktif. Serta terdapat ketuntasan klasikal  hasil belajar kognitif mencapai 100%, afektif 100% dan psikomotorik 84,8%.

Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa kombinasi model Direct Instruction (DI), Number Head Together (NHT)dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar kombinasi model ini menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam  pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI