DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK AUTIS MELALUI METODE GLOBAL DI SDN PEMATANG PANJANG KAB. BANJAR
PENGARANG:SAIDAH MAFISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-26


ABSTRAK

 

Saidah Mafisah. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Autis Melalui Metode Global Pada Siswa Kelas II di SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (1) Agus Pratomo Andi W., M.Pd dan   ( II) Sihadi.,M.Pd.

 

Kata kunci : Membaca Permulaan, Anak Autis, Metode Global

 

Permasalahan yang dialami siswa autis yang ada ada kelas II di SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar ditemukan permasalahan dalam pembelajaran membaca permulaan belum mampu membaca suku kata, kata, maupun kalimat.  Perhatian dan konsentrasi anak masih sering terganggu, terkadang anak masih suka jalan-jalan di kelas untuk mencari sesuatu hal yang disukainya. Emosi anak yang belum stabil membuat proses pembelajaran terganggu, anak sering marah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat peningkatkan kemampuan membaca permulaan anak autis melalui metode global pada siswa kelas 1 di SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode ekperimen dengan tipe penelitian SSR. Subjek penelitian ini berjumlah 1 orang anak autis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pada baseline A1 dengan skor mean level 31.6  menjadi 45.45 dalam kondisi intervensi Baseline B2 dan 77.3 setelah mengikuti intervensi atau baseline A2. Hasil kesimpulan pada baseline A3 yang telah dilaksanakan bahwa hasil rata-rata yang didapatkan anak dalam kemampuan membaca permulaan yatiu 77.3 masih tergolong “Baik” skor tersebut menunjukan bahwa kemampuan anak dalam membaca sudah baik dengan menggunakan  metode global agar mereka dapat memahami pelajaran dengan baik terutama dalam meningkatkan kemampuan mereka membaca. Kesimpulannya  terdapat peningkatkan kemampuan membaca permulaan anak autis melalui metode global pada siswa kelas 1 di SDN Pematang Panjang Kabupaten Banjar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI