DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU MTs.NEGERI SE-KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:RAHMAWIDAYANTI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-07


Rendahnya semangat kerja guru harus segera diatasi karena bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi pendidikan. Semangat kerja dan kehadiran guru sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah dan para guru juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah dengan komunikasi dan kepemimpinan yang efektif akan sangat berpengaruh terhadap semangat kerja guru. Hal tersebut akan mampu meningkatkan semangat kerja guru untuk mencapai tujuan dan keberhasilan. Sejalan dengan itu, peneliti ingin mengungkapkan kontribusi komunikasi dan kepemimpinan terhadap semangat kerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTs.Negeri Se Kabupaten Balangan yang berjumlah 150 dengan jumlah sampel 109 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 buah kuisioner yaitu komunikasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan semangat kerja guru. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan pengujian persyaratan analisis data menggunakan uji linearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas.
Dari hasil analisis data didapatkan kontribusi variabel komunikasi dengan nilai pengaruh sebesar 0,283 (28.3%) terhadap semangat kerja guru pada setiap penambahan 1 nilai komunikasi, kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan nilai pengaruh sebesar 0,188 (18,8%) terhadap semangat kerja guru pada setiap penambahan 1 nilai kepemimpinanm kepala sekolah, dan secara bersama-sama kontribusi variabel komunikasi kepala sekolah dan variabel kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh dengan nilai sebesar 36,3% terhadap semangat kerja guru. Sedangkan sisanya sebesar 63,70% dijelaskan oleh variabel lain.
Semangat kerja guru MTs Negeri Balangan dalam indikator tinggi seperti disiplin, kegairahan, kerjasamaa, dan memelihara etika harus dipertahankan dan indikator rendah seperti kesungguhan, keramahan, melakukan inovasi, dan keberhasilan harus ditingkatkan lagi. Hasil penelitian ini diharapkan agar menjadi acuan bagi peneliti yang lain dalam penelitian yang sejenis atau variabel yang berbeda
Kata Kunci: Komunikasi, Kepemimpinan, Semangat Kerja Guru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI