DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN METODE EKSPERIMEN MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MINUMAN SEGAR DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN PADA KELOMPOK B PAUD ISLAM TERPADU BINTANG QUR’ANI
PENGARANG:DHEA NURAISHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-12


ABSTRAK

 

Nuraisha, Dhea. 2020. Implementasi Model Direct Instruction Dan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Membuat Minuman Segar Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Bersikap Kooperatif Dengan Teman Pada Kelompok B PAUD Islam Terpadu Bintang Qur’ani. Skripsi. Program Studi PG PAUD, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci: direct instruction,metode eksperimen, kegiatan membuat minuman segar, sosial emosional,bersikap kooperatif.

 

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Hal ini dikarenakan anak masih belum bisa bekerjasa dengan teman, kurangnya kegiatan kelompok, anak tidak mau berbagi bahan dan alat dengan temannya sehingga anak bersifat egosentris.

Hasil laporan penilaian anak kelompok B di PAUD Islam Terpadu Bintang Qur’ani Banjarmasin pada tahun ajaran 2018/2019, dari 10 anak, ada 4 orang mendapat (BSH), 2 orang mendapat (MB) dan 2 orang masih mendapat (BB) dalam kemampuan bersikap kooperatif dengan teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model direct instruction dan metode eksperimen melalui kegiatan membuat minuman segar dalam mengembangkan aspek sosial emosional bersikap kooperatif dengan teman pada Kelompok B PAUD Islam Terpadu Bintang Qur’ani sesuai dengan standar tahapan perkembangan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif. metode pengumpulan data yakni metode wawancara & dokumentasi, dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1). implementasi langkah-langkah model pembelajaran direct instruction & metode eksperimen melalui kegiatan membuat minuman segar dalam mengembangkan aspek sosial emosional bersikap kooperatif dengan teman pada Kelompok B PAUD Islam Terpadu Bintang Qur’ani sudah efektif, 2). indikator keberhasilan implementasi model direct instruction dan metode eksperimen dalam bersikap kooperatif kooperatif dengan teman melalui kegiatan membuat minuman segar Pada Kelompok B PAUD Islam Terpadu Bintang Qur’ani yaitu: tanggung jawab, tolong menolong, disiplin, kemandirian, dan percaya diri, 3). Kelebihan dalam implementasinya meliputi: adanya workshop bagi pendidik, papan pembiasaan, sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Sedangkan kekurangannya meliputi: perbedaan pola asuh orang tua pada peserta didik, kurangnya kerjasama dari orang tua murid, waktu pembelajaran yang terbatas.

Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan mengggunakan model direct instruction dan metode eksperimen melalui kegiatan membuat minuman segar dapat mengembangkan aspek sosial emosional dalam bersikap kooperatif dengan teman pada Kelompok B PAUD Islam Terpadu Bintang Qur’ani.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI