DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI POTENSI WISATA GUA LIANG TAPAH DI KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:RUSTINA RIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-12


 

ABSTRAK

 

Riani, Rustina. 2020. Identifikasi Potensi  Wisata Goa Liang Tapah di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Skripsi. Program  Studi  Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing (1) Dr. Deasy Arisanty, M.Sc. Pembimbing (2) Dr. H. Sidharta Adyatma, M.Si.

 

 

Kata Kunci: Identifikasi Potensi, Wisata Goa

 

Kabupaten Tabalong khususnya sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpotensial untuk dikelola, dikembangkan, dan dipasarkan, mengingat potensi objek wisata yang dimiliki Kabupaten Tabalong sangat beragam meliputi objek wisata alam, wisata religi, wisata buatan, dan wisata kuliner. Objek wisata goa  Liang Tapah merupakan objek wisata alam yang memiliki daya tarik dan potensi baik untuk menjadi salah satu aset wisata Alam di Kabupaten Tabalong yang dapat dikembangkan. Wisata Goa Liang Tapah diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan dan kedepannya    objek wisata Goa Liang Tapah tidak hanya dinikmati keindahanya dari luar saja tapi bisa dinikmati dari dalam Goanya, selain memberikan nilai keindahan, keunikan, dan  kebudayaan melainkan memiliki nilai jual yang tinggi dan pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: Mengidentifikasi potensi  wisata Goa liang Tapah di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.

Jenis penelitian ini temasuk jenis penelitian deskirptif kuantitatif. Penelitiann ini akan dilakukan survei lapangan. Penelitian survei berrfungsi untuk mendapatkan suatu deskripsi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data yang dapat diukur secara kuantitas kemudian data tersebut di analisis dan di deskripsikan untuk memberikan kejelasan sejauh mana potensi yang dimiliki objek wisata tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah kawasan objek wisata di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik area probability sample (sampel wilayah) yaitu teknik sampling yang di lakukan dengan mengambil wakil dari wilayah dalam populasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi daya tarik, sarana, aksesibilitas, dan keamanan yang dimiliki objek wisata Goa Liang Tapah.

Hasil dari penilaian daya tarik mendapat skor (115). Penilaian kedua yaitu menillai kriteria sarana dengan skor (30), dilanjutkan untuk penilaian ketiga yaitu penilaian kriteria aksesbilitas skor (75), dan yang terakhir kriteria keamanan skor (25). Hasil dari penilaian menunjukan bahwa objek wisata Goa Liang Tapah memiliki klasifikasi tingkat potensi yang tinggi karena mendapat skor sebesar 1280 dengan presentasi kelayakan 80,50% yang mana sesuai dengan penilaian ODTWA d

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI