DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL COOPERATIVE SCRIPT, TALKING STICK DAN METODE BERCAKAP-CAKAP DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA MENGENAL SUARA HURUF AWAL DARI NAMA BENDA-BENDA YANG ADA DISEKITARNYA DI KELOMPOK A PAUD
PENGARANG:FITRI ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-12


ABSTRAK

 

Fitri     Annisa.            2020.    Implementasi               Kombinasi      Model  Cooperative      Script,

 

Talking Stick Dan Metode Bercakap-Cakap DalamMengembangkan Aspek Bahasa Mengenal Suara Huruf Awal Dari Nama Benda-Benda Yang Ada Di Sekitarnya Kelompok A PAUD”.Skripsi Program Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Syahmani, M.Si.

 

Kata  kunci  :  Aspek  Bahasa,  Cooperative  Script,  Talking  Stick,  Bercakap-Cakap

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih abstrak dan pemilihan model pembelajaran kurang menarik minat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar anak dalam meningkatkan aspek bahasa dalam mengenal suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya dengan kombinasi model Cooperative Script, Talking Stick dan metode Bercakap-Cakap pada anakkelompok A PAUD.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review, analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data pustaka, penelitian yang objeknya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, ensiklopedi, dan dokumen lainnya yang terkait).

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Cooperative Script, Talking Stick dan metode Bercakap-Cakap dalam mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya pada Kelompok A PAUD dapat meningkatkan aspek bahasa di setiap pertemuannya dan telah mampu mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan, baik dari ketuntasan secara individual maupun secara klasikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI