DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KOMBINASI MODEL TALKING STICK DAN MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANNEL PADA ANAK KELOMPOK A TK MAULANA AJAWAH BANJARMASIN
PENGARANG:HEREKA YUNITA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-12


ABSTRAK

Yunita Safitri, Hereka. 2020. Mengembangkan Aspek Kognitif Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Kombinasi Model Talking Stick dan Model Picture And Picture dengan Menggunakan Media Papan Flannel pada Kelompok A TK Maulana Ajwah. Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. H. Rusmansyah, M.Pd.

Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Bentuk Geometri, Model Talking Stick, Model Picture And Picture, Media Papan Flannel

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri. Hal ini dikarenakan pemebelajaran yang digunakan kurang bervariasi seperti model dan media yang digunakan terkesan membosankan dan kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan kombinasi model Talking Stick dan Model Picture And Picture menggunakan media papan flannel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah peneltian tindakan kelas.  Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Penelitian dilakukan pada anak kelompok A TK Maulana Ajwah dengan jumlah anak sebanyak 15 anak yang terdiri 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Dengan indikator keberhasilan akticitas guru memperoleh skor >22 atau >82% dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh  >82% dengan kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangan kognitif apabila ketuntasan klasikal anak mencapai skor >82% dengan perolehan skor 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH) dan skor 4   atau berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa aktivitas guru saat mengembangkan kemampuan kognitif anak menggunakan kombinasi model Talking Stick dan model Picture And Picture dengan menggunakan media papan flannel yaitu pada siklus I mendapatkan skor 16 kriteria Cukup Baik, pada siklus II mendapatkan skor 21 dengan kriteria Baik, dan pada siklus III mendapatkan skor 26 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak pada siklus I mendapatkan 33,33% dengan kriteria Kurang Aktif, pada siklus II mendapatkan 73,33% dengan kriteria Aktif, dan pada siklus III mendpatkan 86,67% dengan kriteria Sangat Aktif. Hasil pencapaian perkembangan kemampuan kognitif anak pada setiap siklus terjadi peningkatan pada siklus I mendapatkan 60%, siklus II 73,33%, dan siklus III 93,33%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan kombinasi model Talking Stick dan model Picture And Picture dengan menggunakan media papan flannel dalam mengenalkan bentuk geometri dapat mengembangkan kognitif anak-anak di kelompok  A TK Maulana Ajwah Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI