DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, NUBERED HEAD TOGETHER, DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN INTI BELITUNG SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI MASDIAH HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-13


ABSTRAK

Hayati, Siti Masdiah. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Student Facilitator And Explaining, Numbered Head Together, dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas IV SDN Inti Belitung Selatan 1 Kota Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi Model Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, dan Snowball Throwing.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang tidak aktif saat pembelajaran, kurangnya motivasi, dan pembelajaran yang tidak bermakna sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Inti Belitung Selatan 1 Kota Banjarmasin Muatan PPKn. Hal ini disebabkan pembelajaran satu arah dan kurang bermakna. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Model Student Facilitator And Explaining, Numbered Head Together, dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan  aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Inti Belitung Selatan 1 Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 33%, pertemuan II mencapai 54%, pertemuan III mencapai 65%, dan pertemuan IV mencapai 87%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Model Student Facilitator And Explaining, Numbered Head Together, dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SDN Inti Belitung Selatan 1 Kota Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn tema Indahnya Keragaman di Negeriku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI