DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, GROUP INVESTIGATION, DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS V SDN INTI BELITUNG SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:PERTIWI DEWIYANTI PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-13


ABSTRAK

 

Puteri, Pertiwi Dewiyanti. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan PPKn Menggunakan  Kombinasi Model Contextual Teaching And Learning, Group Investigation, dan Course Review Horay Pada Kelas V SDN Inti Belitung Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Contextual Teaching And Learning, Group Investigation, dan Course Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa siswakurang aktif, kurang mampu berfikir kritis, siswa mudah bosan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas IV SDN Inti Belitung Selatan 1 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran satu arah, siswa kurang aktif dan pembelajaran kurang bermakna. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Contextual Teaching And Learning, Group Investigation, dan Course Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan aktivitas guru, akivitas siwa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Inti Belitung Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui Teknik tes tertulis secara individu

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II dan pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 48%, pertemuan II mencapai 64%, pertemuan III mencapai 79%, dan pertemuan IV mencapai 95%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Contextual Teaching And Learning, Group Investigation, Dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas V SDN Inti Belitung Selatan 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salahsatu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa, khususnya pada muatan PPKn tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI