DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS DI KELAS V SD
PENGARANG:RENY WIDIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-13


Widiawati, Reny. 2020. Analisis Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dikombinasikan dengan Model Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Muatan IPS di Kelas V SD.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing: Dr. Nina Permatasari, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Make A Match.

       Pembelajaran di sekolah dasar belum sesuai dengan yang diharapkan. Siswa kurang mampu berpikir kritis, kurang aktif dalam pembelajaran sehingga interaksi antara siswa jarang terjadi, dan kurangnya minat siswa menggali informasi pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan pembelajaran yang masih bersifat satu arah, kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya minat siswa ketika belajar dan daya tangkap siswa yang lemah terhadap pelajaran membuat mereka sulit memahami materi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Problem Based Learning (PBL)dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL)dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Match.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian adalah penelitian studi literatur. Data diperoleh melalui teknik studi literatur penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian menunjukkan temuan hasil penelitian terdahulu pada sub fokus 1, sub fokus 2, sub fokus 3 dan elaborasi semua temuan sub fokus menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL)dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Matchdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V sekolah dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI