DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KIRITIS PADA SUB KONSEP SISTEM REGULASI
PENGARANG:RIKAH ARIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-13


Pembelajaran pada kurikulum 2013 menyediakan model pembelajaran yang memfasilitasi keterampilan berpikir kritis. Materi Sub Sistem Regulasi dalam pembelajaran biologi masih berupa konseptual sehingga perlu dikembangkan sebuah bahan ajar. Lembar Kerja Peserta Didik merupakan bahan ajar untuk membantu peserta didik untuk lebih aktif membentuk pengetahuannya sesuai tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model EDR dan bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis keterampilan berpikir kritis yang valid dan praktis. Metode penelitian menggunakan desain Tessmer, dengan melalui tahapan 1) Self evaluation; 2) expert review; 3) one-to-one; 4) small group dan 5) Field test. Tahap penelitian dilakukan hanya sampai pada uji one-to-one (kepraktisan isi). Subjek penelitian uji pakar terdiri dari 2 ahli dan 1 orang praktisi. Subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI MIA 1. Teknik pengumpulan data validitas dan kepraktisan isi menggunakan teknik rerata. Teknik analisis data validitas dan kepraktisan isi semua aspek ditetapkan dengan skor akhir 4 dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori valid dengan rata-rata keseluruhan 3,73; 2) kepraktisan isi LKPD berdasarkan uji perorangan memiliki kategori baikdengan rata-rata keseluruhan 3,95.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI