DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PERUBAHAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL TEMBAGA (KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, DEMONSTRASI DAN MAKE A MATCH) PADA KELAS V SDN BASIRIH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ANGGI ANGGERAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-13


Anggeraini, Anggi. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Tembaga(Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Demonstrasi Dan Make A Match)Pada Kelas V SDN 2 Basirih 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Ririanti Rachmayanie J.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Demonstrasi dan Make A Match.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada  muatan Perubahan Lingkungan Kelas V SDN Basirih 2 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan keterlaksanaan penerapan langkah-langkah kombinasi model, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan analisis teoritik yaitu melakukan analisis secara mendalam pengaruh penggunaan model pembelajaran beserta langkah-langkah (sintaks) pembelajaran yang dipilih mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa atau anak, keterampilan, kemampuan dan hasil belajar dengan mengupas literatur dari Jurnal Internasional dan Jurnal Nasional yang relevan dengan solusi yang diterapkan.

Berdasarkan hasil analisisteoritik dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi Inkuiri Terbimbing, Demonstrasi dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa. Disarankan dengan penggunaaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan peenggunaan media dan model Inkuiri Terbimbing, Demonstrasi dan Make A Match.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI