DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI ORANGTUA SEBAGAI PERANTARA (MEDIATING) DALAM HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DAN EKSPEKTASI ORANGTUA DENGAN PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KELURAHAN SUNGAI MIAI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NAHDIA FITRI RAHMANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-14


ABSTRAK

 

Rahmaniah, Nahdia Fitri. 2020. Persepsi Orangtua sebagai perantara (mediating) dalam Hubungan antara Status Sosial Ekonomi dan Ekspektasi Orangtua dengan Partisipasi Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin. Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Wahyu, MS dan (2) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Ekspektasi, Persepsi, Partisipasi.

 

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 54, disebutkan bahwa keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada peran serta masyarakat secara keseluruhan. Keluarga, dan yang lebih spesifik orangtua sangat diharapkan partisipasinya dalam penyelengaraan pendidikan. Dari hasil pengamatan dan wawancara awal, dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi orangtua untuk keberhasilan anaknya di PAUD masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi orangtua, ekspektasi orangtua dan partisipasi orangtua melalui persepsi orangtua tentang PAUD sebagai variabel mediasi.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik korelasi (correlation research). Populasi penelitian sebanyak 234 orangtua dan diambil 148 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik item-total correlation, dan uji reliabilitas menggunakan teknik  Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier, dan analisis jalur.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi dan Partisipasi Orangtua; Ekspektasi Orangtua dan Partisipasi Orangtua; Persepsi Orangtua dan Partisipasi Orangtua; Status Sosial Ekonomi dan Persepsi Orangtua; Ekspektasi dan Persepsi Orangtua; dan (2) terdapat hubungan tak langsung yang positif dan signifikan antara Status sosial ekonomi dan Partisipasi Orangtua melalui Persepsi orangtua; antara Ekspektasi Orangtua dan Partisipasi Orangtua dalam PAUD melalui Persepsi Orangtua tentang PAUD. 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orangtua, guru, dan kepala satuan PAUD agar menjalin komunikasi dan sosialisasi sehingga tumbuh persepsi yang positif pada orangtua mengenai program pendidikan anak usia dini, dan akan meningkatkan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI