DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INDEKS PEMBANGUNAN OLAHRAGA ASPEK PARTISIPASI OLAHRAGA DI KOTA BANJARBARU TAHUN 2019
PENGARANG:NOVI PEBRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-14


ABSTRAK

 

NOVI PEBRIANTI. 2020. NIM.1610122320040,Indeks Pembangunan Olahraga Aspek Partisipasi olahraga Di Kota Banjarbaru Tahun 2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.  Pembimbing (1) Drs. H. M. Mulhim, M.Pd, (2) Dr. Tri Irianto, M.Kes, AIFO

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa sering masyarakat di kota Banjarbaru berolahraga 3kali seminggu di ambil dari 3 kecamatan yaitu Kecamatan Banjarbaru Utara, Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Kecamatan Landasan Ulin. Penelitian ini menggunakan metode survei yang bertujuan untuk mengetahui berapa sering masyarakat di Kota Banjarbaru ikut berpartisipasi dalam berolahraga. Penelitian surveidilakukan untuk mendapatkan data sampel yang diambil dari populasi. Data yang dikumpulkan berupa angket, dan dokumentasi.

Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang terkumpul selama penelitian adalah data dokumentasi dan lembar pertanyaan berupa angket.  

Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota Banjarbaru yang berjumlah 100 orang dengan usia 7-12tahun (anak-anak), 13-19tahun (remaja), dan 20tahun keatas (dewasa) yang sudah ditentukan dan merupakan kebijakan dari pihak Dinas Pemuda olahraga Kebudayaan dan Pariwisata yang diambil dari 3 kecamatan yaitu kecamatan Banjarbaru Utara, Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Landasan Ulin. Kecamatan Banjarbaru Utara dengan sampel 33 orang, Kecamatan Banjarbaru Selatan 34 orang dan Landasan Ulin dengan sampel 33 orang.

Hasil penelitian ini adalah dapat diketahuiIndeks partisipasi olahraga di Banjarbaru Utara 0,152, Banjarbaru Selatan 0,382 dan Landasan Ulin 0,364. Dari nilai indeks partisipasi olahraga ketiga kecamatan inilah yang kemudian dihitung dan didapatlah nilai Indeks pembangunan olahraga pada aspek partisipasi olahraga di Kota Banjarbaruadalah 0,300 merupakan kategori rendah atau kurang memadai.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa nilai indeks pembangunan olahraga pada aspek partisipasi olahraga adalah 0,300. Nilai indeks ini menunjukkan bahwa pembangunan olahraga pada aspek partisipasi olahraga diperoleh Kota Banjarbaru masih berada pada kategori rendah yaitu berada pada rentang angka 0,009-0,499 dikatakan dalam kategori rendah dapat dilihat pada Norma SDI yang diadopsi dari HDI-Internasional.

 

 

Kata Kunci : Partisipasi, kebugaran, Sumber Daya Manusia,  Kesehatan, Olahraga, Masyarakat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI