DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA 3 PEKERJAAN ORANG TUAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE, STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), DAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUNGAI MIAI 10 BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:MARIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-15


Ulfah, Maria. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku Melalui Model Pembelajaran Tipe Picture And Picture, Student Team  Achievement Division (Stad), dan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV di SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin Utara. Skripsi S1 PG-PSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Drs. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D

 

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Picture and picture, Student Team  Achievement Division (STAD), Examples Non Examples 

 

Masalah mendasar dikeluhkan oleh guru kelas IV di SDN Sungai Miai 10 pada pembelajaran Bahasa adalah rendahnya kemampuan menulis siswa, terutama pada pembelajaran menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan, Rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan dilakukan kedalam bentuk karangan yang ditulis siswa hanya seadanya, biasanya hanya terdiri atas 1-2 kalimat, Rendahnya kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antar kalimat, Rendahnya kemampuan siswa dalam penggunaan ejaan yang disempurnakan serta penggunaan tanda baca.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai peningkatan hasil belajar menyajikan data dengan diagram batang menggunakan kombinasi model kooperatif tipe STAD dan inkuri terbimbing dengan model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 10  Banjarmasin.

Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan dengan metode PTK. Subjek dari penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang ada di kelas IV SDN Sungai Miai 10  Banjarmasin. Instrumen penelitian menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analsisi deskriptif dan analisis persentasi. Indikator keberhasilan  tindakan ini dinyatakan berhasil apabila. aktivitas guru dalam mengajar, secara klasikal 85%, aktivitas siswa  kategori aktif dan sangat aktif  ≥ 70%. Hasil belajar siswa rata-rata kelas ketuntasan belajar secara klasikal apabila jumlah siswa mendapat nilai KKM 70 secara klasikal mencapai 80%.

Hasil penelitian bahwa aktivitas mengajar aktivitas guru tergolong baik terlaksana karena telah mencapai hasil indicator keberhasilan yang diinginkan dalam proses pembelajaran tersebut. Aktivitas siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sangat baik dan mereka aktif dalam mengikuti pelajaran yang diinginkan.  Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar telah mencapai hasil yang lebih baik dalam belajar karena telah mencapai rata-rata kelas yaitu 86 lebih dari nilai KKM 70.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI