DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 BANJARBARU DITINJAU DARI KEBIASAAN TRANSPORTASI BERANGKAT DAN PULANG SEKOLAH
PENGARANG:TAUFIQ KURAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-16


ABSTRAK

TAUFIQ KURAHMAN. NIM. A1D1 15065. Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik SMP Negeri 1 Banjarbaru Ditinjau Dari Kebiasaan Transportasi Berangkat Dan Pulang Sekolah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Utama: Dr. Herita Warni, M.Pd. (II) Dr. AR. Shadiqin, M.Kes.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMP Negeri 1 Banjarbaru ditinjau dari kebiasaan transportasi berangkat dan pulang sekolah

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Menurut Sugiyono (2015: 12) “metode survey digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah, tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya mengedarkan kuisoner, tes, wawancara, dan sebagainya”.

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Banjarbaru yang telah disesuiakan dengan keperluan penelitian yaitu peserta didik berusia 14 tahun atau kelas VIII yang berjumlah 314 orang, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau sampel pertimbangan. Menurut Sugiyono (2015: 144) purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang peserta didik SMP Negeri 1 Banjarbaru.

Dari hasil penelitian SMP Negeri 1 Banjarbaru, hasil analisis tingkat kesegaran jasmani peserta didik sangat bervarasi mulai dari kategori kesegaran jasmani yang baik sebesar 6.06 %, kemudian kategori sedang 60.61 % serta kategori kurang 33.33 %. Kesimpulan analisis tingkat kesegaran jasmani peserta didik SMP Negeri 1 Banjarbaru berkategori sedang sebesar 60.61%. Kemudian tingkat kebiasaan transportasi berangkat dan pulang sekolah peserta didik SMP Negeri 1 Banjarbaru dari hasil penelitian peserta didik dengan berjalan kaki ke sekolah sebesar 27.27 % (sebanyak 9 peserta didik), peserta didik dengan bersepeda ke sekolah sebesar 3.03 % (hanya 1 peserta didik) dan peserta didik dengan berkendaraan bermotor mendominasi sebesar 69.70 % atau sebanyak 23 peserta didik.

 

Kata Kunci: Tingkat Kesegaran Jasmani, Transportasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI