DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM MELIPAT KERTAS MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B TK MAULANA AJWAH BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | LINDA IKA PRIANDINI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-11-16 |
Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya interaksi anak dengan guru
pada saat kegiatan pembelajaran sehingga perkembangan motorik halus dalam
melipat kertas rendah. Masalah ini disebabkan karena saat kegiatan mengajar guru
tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk lebih mandiri dan belajar
dengan focus serta kurang memberikan contoh melipat kertas secara bertahap
sehingga anak kurang aktif dalam pembelajaran dan guru tidak memberi waktu
yang cukup untuk berlatih.Jika hal ini dibiarkan anak akan mengalami kesulitan
dalam kemampuan aspek motorik halus khususnya melipat. Permasalahan ini
diperbaiki menggunakan model explicit instruction kombinasi metode
demonstrasi dan metode pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak pada aspek motorik
halus khususnya melipat kertas.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali
pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Maulana Ajwah Banjarmasin
dengan jumlah anak sebanyak 15 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8
anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar obsevasi
aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran serta memberikan
lembar kerja anak yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Analisis data secara
diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan
persentase.
Hasil penelitian aktivitas guru terlaksana dengan kategori “Sangat Baik”.
aktivitas anak menunjukkan adanya perkembangan di tiap pertemuannya
mencapai kategori “Sangat Aktif”.Sedangkan hasil perkembangan kemampuan
motorik halus dalam kegiatan melipat kertas terlaksana dengan kategori
“Berkembang Sangat Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model explicit
instruction kombinasi metode demonstrasi dan metode pemberian tugas pada anak
kelompok B TK Maulana Ajwah Banjarmasin dalam melipat kertas mengalami
perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan
kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat
menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran di sekolah dan sebagai
salah satu pilihan dalam meningkatkan hasil perkembangan anak
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI