DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, PERCAYA DIRI, DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL JAMIN HORAY PADA SISWA KELAS V SDN MURUNG RAYA 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ARBAIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-16


ABSTRAK

 

Arbain. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Percaya Diri, dan Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Menggunakan ModelJAMIN HORAY Pada Siswa Kelas V SDN Murung Raya 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata kunci: Aktivitas, Percaya Diri, Hasil Belajar, JAMIN HORAY, Jigsaw, Mind Mapping, Course Review Horay.

Permasalahan yang terjadi di SDN Murung Raya 2 Banjarmasin pada siswa kelas V adalah rendahnya aktivitas, percaya diri, dan hasil belajar siswa pada materi usaha ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat. Penyebabnya siswa tidak melibatkan diri dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan dan pembelajaran bersifat satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas, percaya diri dan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan  model Jigsaw, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa, meningkatkan rasa percaya diri siswa dan peningkatan hasil belajar siswa materi usaha ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas V SDN Murung Raya 2Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Murung Raya 2 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil observasi percaya diri siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif dan analisis cross tabulasi yaitu analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru dianggap berhasil dengan kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa secara klasikal tergolong kedalam kategori sangat aktif, percaya diri siswa secara klasikal juga tergolong kedalam kategori sangat percaya diri, dan untuk hasil belajar siswa secara klasikal juga telah terjadi peningkatan ketuntasan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru di sekolah  dasar dapat menggunakan model Jigsaw, Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI