DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Prosedur Pajak Penghasilan Pasal 23 atas Jasa Pelayanan Kepelabuhanan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Kalimantan
PENGARANG:ROHMAHTUL AFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-16


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur PPh Pasal. 23 yang dilakukan oleh perusahaan pemakai jasa pada PT. Pelindo III (Persero) Regional Kalimantan. Penelitian ini diperoleh dengan sumber data Primer dan Sekunder melalui wawancara langsung dan mendapat bukti pemotongan serta SPT Masa PPh 23/26 oleh staf bagian Manager Keuangan PT. Pelindo III (Persero) Regional Kalimantan.

Hasil yang diperoleh peneliti dalam pelaksanaan Pajak Penghasilan Pasal 23 untuk penerbitan maupun pelunasan Nota Penjualan Jasa Kepelabuhanan di PT. Pelabuhan Indonesia III (Pesero) Regional Kalimantan dilakukan dengan sistem aplikasi Integrated Billing System (IBS) atau dapat diakses melalui website (www.anjungan.pelindo.co.id). Dilihat dari rekapitulasi Pajak Penghasilan Pasal 23 menunjukkan pada bulan Juli 2019 sebesar Rp. 324.148.56 yang membuktikan adanya kenaikan sedangkan perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 23 terkecil terjadi pada bulan Oktober 2019 sebesar Rp.2.915.246. Dimana saat bulan Agustus 2019 sudah mengalami penurunan yang sangat drastis sampai bulan Desember.

 

Kata Kunci: Pajak Pengahsilan Pasal. 23, Jasa. Pelayanan Pelabuhanan, PT. Pelabuhan Indonesia. III (Persero) Regional Kalimantan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI