DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTIS MELALUI MEDIA BUSY BOOK
PENGARANG:DIAH YULIA ARIFIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-16


Diah Yulia Arifianti,  2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Autis Menggunakan Media Busy Book di TK Mawaddah. Skripsi Program Strata-I Pendidikan Luar Biasa. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Ali Rachman, M.Pd, Pembimbing II: Mirnawati, M.Pd.

Kata Kunci : Kemampuan motorik halus, Anak autis, Media Busy Book.

Kemampuan motorik halus pada anak autis dilapangan khususnya siswa TK di TK Mawaddah Banjarmasin, kemampuan motorik halus yang masih belum optimal sangat mempengaruhi kemampuan akademik maupun kemampuan untuk melakukan aktivitas bina diri, yaitu yang ditunjukkan oleh anak yang masih belum mampu untuk menulis dan belum luwes dalam melakukan aktivitas bina diri seperti berpakaian, makan, dan menyikat gigi. Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka penelitian bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak dengan menggunakan media busy book.

                 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode SSR (Single Subject Research). Subject penelitian ini anak autisme memiliki kemampuan motorik halus (mengancing baju) yang masih kurang di TK Mawaddah. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan berupa instrument frekuensi dari seberapa banyak anak mampu mengancing baju dengan waktu yang sudah ditentukan. Tekhnik analisis data menggunakan desain A-B-A dan dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mengancingkan baju dengan menggunakan media busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis. Diukur dari fase pada desain A-B-A dari penelitian yang dapat ditingkatkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI