DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Kerjasama Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Peserta Didik Kelas III SDN Cindai Alus Martapura.
PENGARANG:MAULINDA ROSYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-17


ABSTRAK

 

MAULINDA ROSYANTI, NIM 1610122220023, 2020 ,Penerapan Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Kerjasama Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Peserta Didik Kelas III SDN Cindai Alus Martapura. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd (II) Akhmad Amirudin, S.Pd, M.Pd

Tujuan Penelitian ini adalah penerapan permainan tradisional bentengan agar dapat meningkatkan kerjasama pada peserta didik kelas III SDN Cindai Alus 1 Martapura. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu peneliti sebagai pengamatan. Pengamatan pada saat waktu proses belajar mengajar berlangsung.

Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Cindai Alus 1 Martapura tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 peserta didik, yang terdiri dari 16 putra dan 8 putri. Proses penerapan permainan tradisional bentengan terhadap kerjasama, mendapatkan hasil yang baik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan yaitu sangat baik.

Kegiatan pra tindakan yang mengawali penelitian ini menghasilkan data bahwa  nilai rata-rata kemampuan kerjasama peserta didik baru mencapai nilai 61,70. Tindakan dalam penelitian kemampuan kerjasama ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil dari siklus II, nilai rata-rata kemampuan anak telah mencapai nilai 85,79. Perkembangan ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana penelitian dikatakan berhasil apabila telah mencapai nilai 76%. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil. 

Kesimpulan penelitian : Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa dua kali petemuan dengan menggunakan permainan tradisional bentengan peserta didik kelas III SDN Cindai Alus 1 Martapura menunjukan bahwa pembelajaran meningkat.

 

        

 Kata Kunci   : Permainan Tradisional, Pemainan Bentengan, Kerjasama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI