DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI TOILET TRAINING MELALUI METODE DRILL PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB MARABAHAN | |
PENGARANG | : | FITRI NURKHAYATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-11-17 |
ABSTRAK
Fitri Nurkhayati 2020:Peningkatan Kemampuan Bina Diri Toilet Training
Anak Autis Melalui Metode Drill Di Kelas 1 SDLB Marabahan. Skripsi Program Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019 / 2020. Pembimbing I : Ibu Eviani Damastuti,M.Pd dan Pembimbing II : Bapak Machmud Fauzi,M.Pd
Kata Kunci : Anak Autis , Metode Drill, Bina Diri
Kemampuan bina diri anak autis memang harus di latih karena anak autis tidak harus selalu tergantung kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri toilet training melalui metode drill di sekolah SDLB Marabahan. Anak masih belom mampu dalam bina diri toilet training, karena anak masih belom mengenal toilet training sebelumnya. Hal ini penelitian untuk mencoba metode drill dalam mengajarkan bina diri toilet training agar anak lebih mandiri dalam toilet training.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SSR (Singgle Subject Research). Desain yang digunakan dalam peneliti ini adalah desain A-B-A. Adapun dalam sitem pencatatan datanya menggunakan presentase. Desain A-B-A memiliki tiga tahapan yaitu baseline 1(A1) sebagai data awal yakni sebelum adanya treatment. Subjek penelitian ini adalah satu orang anak autis di SDLB Marabahan dengan target behavior yang akan dianalisis penelitian ini menggunakan teknik analisis data meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian pada baseline 1 (A1) sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode drill anak dapat nilai presentase sebesar 55% dari indikator toilet training yang diberikan kepada anak mampu sendiri meskipun masih dalam arahan dan sehingga mendapat nilai yang meningkat. Pada tahap intervensi (B) saat diberikan perlakua menggunakan metode drill anak dapat nilai persentase baik 77% dan selalu meningkat dalam kemampuan bina diri toilet training dan mampu melakukan dengan benar. Pada tahap baseline 2(A2) anak apat memperoleh nilai persentase sebesar 97% terlihat anak mampu melakukan sendiri dan nilainya baik. Hal ini menunjukan bahwa dengan metode drill dapat peningkatan kemampuan bina diri toilet training pada anak autis di kelas 1 SDLB Marabahan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI