DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI TOILET TRAINING MELALUI METODE DRILL PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB MARABAHAN
PENGARANG:FITRI NURKHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-17


ABSTRAK

 

Fitri  Nurkhayati  2020:Peningkatan  Kemampuan  Bina  Diri  Toilet Training

Anak  Autis  Melalui  Metode  Drill  Di Kelas  1  SDLB Marabahan.  Skripsi  Program  Pendidikan  Khusus  Fakultas  Ilmu  Keguruan  Universitas  Lambung  Mangkurat  Banjarmasin.  Tahun  Akademik  2019 / 2020.  Pembimbing  I :  Ibu  Eviani  Damastuti,M.Pd  dan  Pembimbing II :  Bapak  Machmud  Fauzi,M.Pd

 

Kata  Kunci  :  Anak  Autis ,  Metode  Drill,  Bina  Diri

 

 Kemampuan  bina  diri  anak  autis  memang  harus  di  latih  karena  anak  autis  tidak  harus  selalu  tergantung  kepada  orang  lain.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  bina  diri  toilet  training  melalui  metode  drill  di  sekolah  SDLB  Marabahan.  Anak  masih  belom  mampu  dalam  bina  diri  toilet  training,  karena  anak  masih  belom mengenal  toilet  training  sebelumnya.  Hal  ini  penelitian  untuk  mencoba  metode  drill  dalam  mengajarkan  bina   diri  toilet  training  agar  anak  lebih  mandiri  dalam  toilet  training.

 

Peneliti  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  metode  SSR (Singgle  Subject  Research). Desain  yang  digunakan  dalam  peneliti  ini  adalah  desain  A-B-A.  Adapun  dalam  sitem  pencatatan  datanya  menggunakan  presentase.  Desain  A-B-A  memiliki  tiga  tahapan  yaitu  baseline  1(A1)  sebagai  data  awal  yakni  sebelum  adanya  treatment.  Subjek  penelitian  ini  adalah  satu  orang  anak  autis  di  SDLB Marabahan  dengan  target  behavior  yang  akan  dianalisis  penelitian  ini  menggunakan  teknik  analisis  data  meliputi  analisis  dalam  kondisi  dan  analisis  antar  kondisi.

 

Hasil  penelitian  pada  baseline  1 (A1)  sebelum  diberikan  perlakuan  menggunakan  metode  drill  anak  dapat  nilai  presentase  sebesar  55%  dari  indikator  toilet  training  yang  diberikan  kepada  anak  mampu  sendiri  meskipun  masih  dalam  arahan dan sehingga mendapat  nilai  yang  meningkat.  Pada  tahap  intervensi  (B)  saat  diberikan  perlakua  menggunakan  metode  drill  anak  dapat  nilai  persentase  baik  77%  dan  selalu  meningkat  dalam  kemampuan  bina  diri  toilet  training  dan  mampu  melakukan  dengan  benar.  Pada  tahap  baseline 2(A2)  anak  apat  memperoleh  nilai  persentase  sebesar  97% terlihat  anak  mampu  melakukan  sendiri  dan nilainya  baik.  Hal  ini  menunjukan  bahwa  dengan  metode  drill  dapat  peningkatan  kemampuan  bina  diri  toilet  training  pada  anak  autis  di  kelas  1  SDLB  Marabahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI