DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BENTUK ALJABAR PADA KELAS VII SMP NEGERI 4 BANJARMASIN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:YUSAN AJI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-17


Aljabar merupakan salah satu dari bagian materi dalam bidang studi matematika 

yang cukup mendapatkan perhatian. Berdasarkan hasil observasi di sekolah ketika 

PPL 2 di SMPN 4 Banjarmasin pada semester 7 lalu didapat bahwa banyak murid 

kelas VII yang masih kesulitan dalam memahami materi bentuk aljabar. 

Berdasarkan uraian tersebut maka telah dilakukan penelitian: yang bertujuan 

untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar murid kelas VII yang 

menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada mata pelajaran 

;matematika bentuk aljabar di SMPN 4 Banjarmasin; 2) Mendeskripsikan 

bagaimana hasil belajar murid kelas VII yang menggunakan model pembelajaran 

langsung pada mata pelajaran matematika bentuk aljabar di SMPN 4 Banjarmasin; 

3) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar dari murid kelas VII yang 

menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran 

langsung pada mata pelajaran matematika bentuk aljabar di SMPN 4 Banjarmasin 

apakah ada perbedaan atau tidak. Metode yag digunakan dalam penelitian ini 

adalah eksperimen semu dengan seluruh kelas VII di SMPN 4 Banjarmasin 

sebagai populasi, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive 

sampling sehingga terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang 

menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas VII C sebagai 

kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung. Untuk 

mengumpulkan data menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan untuk 

menganalisis data menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika 

inferensial. Hasil penelitian yang didapat: 1) hasil belajar murid kelas yang 

menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada bidang studi 

matematika materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 4 Banjarmasin berada pada 

klasifikasi kurang; 2) hasil belajar murid kelas yang menerapkan model 

pembelajaran langsung pada bidang studi matematika materi bentuk aljabar kelas 

VII di SMPN 4 Banjarmasin berada pada klasifikasi kurang; 3) tidak terdapat 

perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar murid di kelas yang menerapkan 

model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas yang menerapkan model 

pembelajaran langsung pada SMPN 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI