DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BENTUK ALJABAR PADA KELAS VII SMP NEGERI 4 BANJARMASIN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020 | |
PENGARANG | : | YUSAN AJI SAPUTRA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-11-17 |
Aljabar merupakan salah satu dari bagian materi dalam bidang studi matematika
yang cukup mendapatkan perhatian. Berdasarkan hasil observasi di sekolah ketika
PPL 2 di SMPN 4 Banjarmasin pada semester 7 lalu didapat bahwa banyak murid
kelas VII yang masih kesulitan dalam memahami materi bentuk aljabar.
Berdasarkan uraian tersebut maka telah dilakukan penelitian: yang bertujuan
untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar murid kelas VII yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada mata pelajaran
;matematika bentuk aljabar di SMPN 4 Banjarmasin; 2) Mendeskripsikan
bagaimana hasil belajar murid kelas VII yang menggunakan model pembelajaran
langsung pada mata pelajaran matematika bentuk aljabar di SMPN 4 Banjarmasin;
3) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar dari murid kelas VII yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran
langsung pada mata pelajaran matematika bentuk aljabar di SMPN 4 Banjarmasin
apakah ada perbedaan atau tidak. Metode yag digunakan dalam penelitian ini
adalah eksperimen semu dengan seluruh kelas VII di SMPN 4 Banjarmasin
sebagai populasi, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling sehingga terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas VII C sebagai
kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung. Untuk
mengumpulkan data menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan untuk
menganalisis data menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika
inferensial. Hasil penelitian yang didapat: 1) hasil belajar murid kelas yang
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada bidang studi
matematika materi bentuk aljabar kelas VII di SMPN 4 Banjarmasin berada pada
klasifikasi kurang; 2) hasil belajar murid kelas yang menerapkan model
pembelajaran langsung pada bidang studi matematika materi bentuk aljabar kelas
VII di SMPN 4 Banjarmasin berada pada klasifikasi kurang; 3) tidak terdapat
perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar murid di kelas yang menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas yang menerapkan model
pembelajaran langsung pada SMPN 4 Banjarmasin.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI