DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Ekosistem
PENGARANG:NURIL MAULIDYA HAPSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-17


Proses pembelajaran kurikulum 2013 mencakup tiga ranah, yaitu afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Salah satu perangkat pembelajaran yang perlu diperbaiki agar tercapai tujuan kurikulum 2013 ialah LKPD.Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu cara yang membantu peserta didik untuk lebih aktif mengkonstruk pengetahuannya sesuai tuntutan dalam kurikulum 2013 tersebut. Berpikir kritis adalah kemampuan memberi alasan secara terorganisasi dan mengevaluasi kualitas suatu alasan secara sistematis. Kemampuan dalam berpikir kritis dapat membantu dalam memecahkan masalah, mempermudah pekerjaan, dapat mencari solusi, mampu menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya dengan lebih akurat.Di harapkan pada penelitian ini  tingkat  perkembangan berpikir  kritis peserta didik memudahkan  peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas LKPD biologi SMA berbasis kemampuan  berpikir kritis hasil pengembangan pada konsep Ekosistem. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas 1)  sampai tahap tahap evaluasi diri (Self evaluation) 2)  uji pakar (expert review), dan 3) uji perorangan ( one to one evalution ).Subjek validasi adalah 3 orang ahli yaitu 2 dosen pendidikan biologi dan 1 guru SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori valid dengan rata-rata keseluruhan 3,58 dinyatakan valid dan berdasarkan uji pakar memiliki kategori kepraktisan isi dengan rata-rata keseluruhan 3,85dinyatakan baik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI