DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENYELESAIAN TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN BPK PADA PEMERIKSAAN KINERJA ATAS KEGIATAN APIP INSPEKTORAT KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:JOSMAR LAMBOK BANJAR NAHOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-17


 

ABSTRAKSI

 

 

 

Josmar Lambok Banjar Nahor (2020). Analisis Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemeriksaan Kinerja Atas Kegiatan APIP Inspektorat Kabupaten Barito Timur. Pembimbing I : Dr. Hj. Ade Adriani, SE., M.Si., Ak., CA. Pembimbing II: Dr. Wahyudin Nor, SE., M.Si., Ak., CA., CSRS.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hambatan dalam penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK pada pemeriksaan kinerja atas kegiatan APIP Inspektorat Kabupaten Barito Timur. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Inspektorat Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah dari bulan September sampai Desember 2018. Penelitian ini fokus pada aspek internal dalam melaksanakan penyelesaian tindak lanjut yaitu (1) sumber daya manusia, (2) kepemimpinan dan (3) lingkungan kerja. Hasil analisis mengungkapkan hambatan dalam penyelesaian tindak lanjut ini disebabkan oleh beberapa aspek internal, antara lain: 1) sumber daya manusia yaitu kurangnya jumlah personil, ketidaksesuaian latar belakang pendidikan personil ASN, dankurangnya kerjasama tim (teamwork). 2) Kepemimpinan, pimpinan belum menyusun rencana kerja penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK pada pemeriksaan kinerja atas kegiatan APIP, mengkoordinir, mengontrol dan pengendalian, tidak pernah melakukan rapat khusus membahas temuan BPK atas penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK atas pemeriksaan kinerja APIP, tidak ada pembentukan tim khusus yang menangani penyelesaian tindak lanjut hasil, tidakadanya instruksi dari pimpinan untuk penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK atas pemeriksaan kinerja APIP. 3) Lingkungan kerja, lingkungan kerja non fisik adanya budaya kerja yang belum optimal mendorong penyelesaian tindak lanjut. Sedangkan lingkungan kerja fisik, seperti tersedianya sarana dan fasilitas juga masih terbatas.

 

Penelitian terhadap ketiga aspek tersebut sangat berguna untuk memahami bagaimana optimalisasi percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan, khususnya pada APIP Inspektorat Kabupaten Barito Timur.

 

 

Kata Kunci: Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK, Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI