DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) DI KELAS IV SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:NURSYAHRIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-17


ABSTRAK

Nursyahriawati. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Statistika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dikombinasikan Dengan Model Means-Ends Analysis (MEA) Dan Course Review Horey (CRH)  Di Kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. zulkifli, M. Pd.

Kata Kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Means-Ends Analysis (MEA), dan Course Review Horey (CRH).

 

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar muatan Matematika materi Statistika. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Statistika dalam muatan Matematika menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Means-Ends Analysis (MEA) dan Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dengan jumlah 26 orang siswa. Jenis data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 81 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai skor 81% dengan kriteria seluruhnya aktif dan hasil belajar kognitif secara klasikal 81% (baik), afektif secara klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal minimal 81% (baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 73,07%, siklus II mencapai 88,46%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Means-Ends Analysis dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Statistika dikelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran muatan Matematika materi Statistika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI