DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL MULTISENSORI, TALKING STICK, MAKE A MATCH, DAN MEDIA PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI
PENGARANG:ANUGERAH RIZKY SARLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


Sarliani, Anugerah Rizky. 2020. “Implementasi Kombinasi Model  Multisensori, Talking Stick, Make A Match, Dan Media Puzzle Pada Aspek Kognitif dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. Syahmani, M.Si

Kata Kunci : Kognitif, Literasi, Multisensori, Model Make A Match, Model Talking Stick, Media Puzzle.

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil capaian perkembangan bahasa anak dalam membaca. Hal ini disebabkan karena anak hanya sebatas menghafalkan huruf tanpa tahu cara membaca huhur-huruf tersebut, kurangnya variasi media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, serta proses pembelajaran yang kurang menarik perhatian dan minat anak. Ketika kegiatan mengenal huruf, guru hanya melakukan metode bercakap-cakap dan pembelajaran selalu berpusat pada guru. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan bahasa anak dalam mengembangkan Aspek Bahasa pada Kemampuan Literasi anak menggunkan Model Implementasi Kombinasi Model  Multisensori, Talking Stick, Make a Match dan Media Puzzle.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan ilmiah yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Multisensori, Talking Stick, Make a Match dan Media Puzzle dapat di katakana berhasil. Pembelajaran dengan model ini dapat meningkatkan literasi anak usia dini sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di simpulan bahwa pemebelajaran menggunakan model Multisensori, Talking Stick, Make a Match dan Media Puzzle dapat meningatkan capaian perkembangan literasi anak usia dini. Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model Multisensori, Talking Stick, Make a Match dan Media Puzzle.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI