DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL TALKING STICK, MAKE A MATCH DAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK
PENGARANG:RIZKA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


 

 

Amalia, Rizka. 2020.Implementasi Kombinasi Model Talking Stick, Make A Match Dan Media Kartu Angka dalam Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Mengenal Lambang Bilangan pada Taman Kanak-Kanak. Skripsi Program PG-PAUD FKIP Univesitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Ali Rachman, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif, Model Talking Stick, Model Make A Match dan Media Kartu Angka

 

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil capaian perkembangan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Hal ini disebabkan karena anak hanya sebatas menghafalkan urutan angka tanpa tahu makna dari bilangan tersebut, kurangnya variasi media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, serta proses pembelajaran yang kurang menarik perhatian dan minat anak. Ketika mengenalkan konsep lambang bilangan, guru hanya melakukan metode bercakap-cakap dan pembelajaran selalu berpusat pada guru. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kognitif anak dalam mengembangkan Aspek Kognitif Mengenal Lambang Bilangan menggunakan Model Implementasi Kombinasi Model Talking Stick, Make a Match dan Media Kartu Angka.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian analisis dokumen yaitu dengan cara perolehan data melalui berbagai artikel dan sumber yang berasal baik dari buku, jurnal, dan media lain yang mendukung dengan teori model pembelajaran Talking Stick, Make a Match dan Media Kartu Angka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick, Make a Match dan Media Kartu Angka dapat dikatakan berhasil. Model Talking Stick, Make a Match dan Media Kartu Angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak di Taman Kanak-Kanak.

Disarankan kepada guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model Talking Stick, Make a Match dan Media Kartu Angka.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI