DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEEFEKTIFAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA SMAN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:SEKAR RAMADHANTY PRASETYANINGTYAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untukmengetahui keefektifan MOLBANDRO sebagai media pembelajaran dengan menguji: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik (2) perbedaan hasil belajar pada ranah pengetahuan, dan (3) respon peserta didik terhadap MOLBANDROpada materi larutan penyangga. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Objek penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol dan XI IPA5 sebagai kelas eksperimen di SMAN 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis, tes hasil belajar ranah pengetahuan, dan angket respon peserta didik.Analisis data dilakukan dengan dua teknik, yakni analisis inferensial melalui uji t dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah pengetahuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) responterhadap pembelajaran melalui media MOLBANDROmemperoleh respon positif sebesar 80,28% dari peserta didik.

 

Kata kunci:MOLBANDRO, App Inventor, keterampilan berpikir kritis,hasil belajar,larutan penyangga.

 

Abstract.The purpose of this research is to determine the effectiveness of MOLBANDRO as a learning media by examining: (1) students critical thinking skills differences, (2) student’s learning outcomes differences, and (3) student’s responses by using MOLBANDRO on buffer solution material. This research applied quasi-experimental method with pretest-posttest non-equivalent control group design. The objects of this research were XI IPA 6 students as control class and XI IPA 5 students as experimental class at SMAN 1 Banjarmasin. The data collection techniques used critical thinking skills test, learning outcome tests, and student response questionnaires. This research used descriptive and inferential as analyzed data techniques. Inferential analysis used the t-test to analyze the differences critical thinking skills and student learning outcomes. The results of this study showed that (1) there were significant differences oncritical thinking skills in experimental and control classes, (2) there were significant differences on student learning outcomes in both groups, (3) learning process using android-based mobile learning media got positive response from students by 80.28%.

 

Keywords: MOLBANDRO, App Inventor, critical thinking skills, learning outcomes, buffer solutions.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI