DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAYA BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN ALALAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:HANIFATUL MUFIDAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-10


Setiap individu memiliki berbagai macam keunikan dalam dirinya. Keunikan inilah
yang disebut gaya belajar. Dalam pembelajaran di sekolah, tentu pemahaman dalam
suatu mata pelajaran terutama matematika menjadi sangat penting, karena
pemahaman dimaksudkan sebagai kemampuan siswa untuk dapat mengerti apa
yang telah diajarkan oleh guru Jika siswa diajar dengan metode standar,
kemungkinan kecil mereka dapat memahami apa yang diberikan oleh guru. Maka
dari itu mengetahui dan memahami gaya belajar yang berbeda akan dapat
membantu menyesuaikan dengan proses pemahaman materi. Oleh karena itu
dilakukan penelitian gaya belajar dan pemahaman matematis siswa SMP Negeri seKecamatan Alalak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gaya belajar
siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017,
(2) mengetahui pemahaman matematis siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak
Tahun Pelajaran 2016/2017
, (3) menganalisis hubungan gaya belajar dengan
pemahaman matematis siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak Tahun Pelajaran
2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini
adalah 30% dari jumlah kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Alalak Tahun
Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 187 orang. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah angket gaya belajar dan soal pemahaman matematis. gaya belajar
dalam penelitian ini adalah gaya belajar VAK
(Visual, Audio, Kinestetik). Data hasil
penelitian kemudian dikumpulkan dan dianalisis menggunakan teknik statistik
deskriptif, korelasi product moment, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian
pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017
menunjukkan : (1) Gaya belajar siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak Tahun
Pelajaran 2016/2017 yang paling dominan adalah gaya belajar visual, (2)
Pemahaman matematis siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak Tahun Pelajaran
2016/2017 memiliki indikator tertinggi pada indikator “membuat contoh dan bukan
contoh”, sedangkan indikator terendah pada indikator “mengubah suatu bentuk
representasi ke bentuk lain”, (3) Hanya gaya belajar visual yang memiliki hubungan
dengan pemahaman matematis pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan Alalak
Tahun Pelajaran 2016/2017.


Kata kunci: gaya belajar, pemahaman matematis, SMPN se-Kecamatan
Alalak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI