DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PADA PELAKSANAAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, COURSE REVIEW HORAY DAN PERMAINAN ENGKLEK DALAM MENGEMBANGKAN FISIK MOTORIK ANAK DALAM MELAKUKAN GERAKAN MELOMPAT DAN MELONCAT SECARA TERKOORDINASI PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK
PENGARANG:HILYATIFATINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


Hilyatifatinah, 2020. Analisis Komparatif Pada Pelaksanaan Kombinasi Model Pembelajaran Picture and Picture, Course Review Horay dan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Fisik Motorik Anak Dalam Melakukan Gerakan Melompat dan Meloncat Secara Terkoordinasi Pada Kelompok A Taman Kanak-kanak . Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Deasy Arisanty, M. Sc.

Kata Kunci: Fisik motorik, melompat, meloncat, picture and picture, course review horay, permainan engklek.

Permasalahan dalam penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan fisik motorik anak dalam melakukan gerakan melompat dan meloncat secara terkoordinasi. Hal ini dikarenakan kegiatan hanya berupa permainan biasa seperti meloncat dan melompat di lapangan tanpa ada rintangan yang menarik dan guru belum pernah melakukan inovasi hanya menggunakan lapangan tanpa ada rintangan dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik anak dalam melakukan gerakan melompat dan meloncat secara terkoordinasi.

Hasil laporan penelitian anak kelompok A di PAUD Terpadu Negeri Pembina Banjarmasin Barat pada semester II Tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 14 orang anak yang terdiri dari dari 10 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Dari 14 anak hanya 3 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH)  dengan presentasi 21,42%, 3 orang anak mulai berkembang (MB) dengan presentasi 21,42%, 8 anak belum berkembang (BB) dengan presentasi 57,14%. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pada pelaksanaan kombinasi model Picture and Picture, Course Review Horay  dan permainan engklek pada aspek fisik motorik anak dalam melakukan gerakan Melompat Dan Meloncat Secara Terkoordinasi di kelompok A sesuai dengan standar tahapan perkembangan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka. Metode dalam pengumpulan data ini yaitu metode dokumentasi dengan teknik analisis.

Hasil penelitian ini dapat disimplkan ada 11 langkah aktivitas guru dalam mengajar dan 5 langkah aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek fisik motorik dalam melakukan gerakan melompat dan meloncat secara terkoordinasi dan kegiatan yang menggunakan kombinasi model Picture and Picture, Course Review Horay  dan permainan engklek dan pada penerapan strategi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aspek fisik motorik anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan  kombinasi model pembelajaran picture and picture, course review horay dan permainan engklek dalam mengembangkan fisik motorik anak dalam melakukan gerakan melompat dan meloncat secara terkoordinasi pada kelompok A Taman Kanak-kanakdapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan mengembangkan aspek fisik motorik kasar anak pada kelompok A.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI