DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aspek Kognitif Dalam Mengenal Konsep Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari Menggunakan Kombinasi Model Picture and Picture Dengan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi DWP Setda Prov Kal-Sel
PENGARANG:SHELFIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


Permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya interaksi anak dengan anak pada pembelajaran sehingga perkembangan kognitif dalam mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari rendah. Masalah ini disebabkan karena pembelajaran kurang menggunakan model dan media yang menarik perhatian anak, seperti menggunakan media gambar yang kecil, dan  tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk berpikir secara logis. Jika hal ini dibiarkan anak akan mengalami kesulitan dalam pengembangan kognitif dalam mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. permasalahan ini diperbaiki  menggunakan  kombinasi model picture and picture dengan metode pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan anak pada aspek kognitif dalam mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi DWP Setda Prov Kal-Sel Kota Banjarmasin dengan jumlah anak 15 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambil pada proses pembelajaran serta memberikan lembar kerja anak yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Analisis data secara diskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivtias guru pada pertemuan I mencapai kriteria Cukup Baik, pertemuan II mencapai kriteria Baik, dan pertemuann III mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai Kriteria Sebagian Anak Aktif, pertemuan II mencapai kriteria Hampir Seluruh Anak Sangat Aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria Hampir Seluruh Anak Sangat Aktif. Ketuntasan Klasikal hasil belajar anak pada pertemuan I mencapai 25%, pertemuan II mencapai 81,25%, dan pertemuan III mencapai 93,75%. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Picture and Picture dengan metode  Pemberian Tugas pada anak kelompok A TK Pertiwi DWP Setda Prov Kal-Sel Kota Banjarmasin dalam Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari mengalami perkembangan yang optimal dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model dan metode tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI