DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MELALUI MODEL SOTO YANG KOMBINASI DARI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR AND SHARE (TPS), DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD SYUKRAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


Syukran, Muhammad. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan PPKN Melalui Model SOTO yang Kombinasi dari Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS) dan Snowball Throwing pada Kelas V SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing: Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS), Snowball Throwing

     Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada muatan PPKN pada siswa kelas V SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin. Disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kurang bervariasi, monoton dan siswa tidak terlibat aktif. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model SOTO yang kombinasi dari model pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS)dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model SOTO yang kombinasi dari model pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS)dan Snowball Throwing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data diperoleh melalui teknik studi literatur penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian menunjukkan temuan hasil penelitian terdahulu pada siklus I selalu meningkat pada siklus II untuk aktivitas guru, siswa dan hasil belajar pada kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model SOTO yang kombinasi dari model pembelajaran Group Investigation (GI), Think Pair and Share (TPS) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan PPKN pada siswa kelas V SDN Pekapuran Raya 5 Banjarmasin. Penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa, kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran yang inovatif serta bervariasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, peneliti lain untuk menjadikannya sebagai pertimbangan untuk membantu penulisan karya tulis ilmiah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI