DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Komunikasi Orangtua Terhadap Anak Penderita Autis ( Studi Pada Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Penderita Autis di Desa Sukamaju Kabupaten Kota Baru Kalimantan Selatan)
PENGARANG:DESI DEWI ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


 

ABSTRAK

 

 

 

Desi Dewi Astuti. D1C115408. 2020. Pola Komunikasi Orangtua Terhadap Anak Penderita Autis ( Studi Pada Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Penderita Autis di Desa Sukamaju Kabupaten Kota Baru Kalimantan Selatan).Dibimbing oleh Sarwani dan Muhammad Muthahhari Ramadhani.

 

Anak autis merupakan anak yang berkebutuhan khusus. Di Desa Sukamaju anak autis masih belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Sebagaimana yang dialami oleh tiga orang keluarga di Kotabaru Kalimantan Selatan. Ketiga keluarga tersebut mempunyai anak yang mengalami ketidakseimbangan perkembangan yang disebut dengan autisme. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pola komunikasi orang tua terhadap anak penderita autis di Desa Sukamaju, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan kepada tiga orang informan yaitu Bapak Sukri, Bapak Namin dan Bapak Sunarno. Sumber data didapat oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang tercipta adalah antara orang tua dan anak yang menderita autis adalah pola komunikasi linear atau pola komunikasi satu arah. karena orang tua dan anak pada penelitian ini, tidak adanya umpan balik penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang tercipta adalah antara orang tua dan anak yang menderita autis adalah pola komunikasi linear atau pola komunikasi satu arah. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian bahwa orang tua dan anak yang ada dalam penelitian ini, ketika berkomunikasi tidak terjadi umpan balik penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Komunikan hanya berlaku sebagai pendengar saja.

 

 

 

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Autis, komunikasi satu arah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI