DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, TINGKAT PENDAPATAN, DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PERILAKU PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF
PENGARANG:UCI DELIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


 ABSTRAK

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, TINGKAT PENDAPATAN,

DAN DUKUNGAN SUAMI  DENGANPERILAKU

PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF

 

(Studi Observasional Analitik pada Ibu yang Memiliki Bayi >6-12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Panarung  Palangka Raya)

 

Uci Deliana

 

ASI eksklusifadalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan sampai dengan usia enam bulan, tanpa menambahkan atau mengganti dengan makanan atau minuman lain (kecuali obat, vitamin, dan mineral). Puskesmas Panarung yang berada di wilayah kota Palangka Raya adalah salah satu puskesmas yang mengalami penurunan cakupan ASI eksklusif dalam 3 tahun terakhir yaitu tahun 2016 (13,9%), tahun 2017 (9,93%), dan tahun 2018 (6%). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, sikap, tingkat pendapatan, dan dukungan suami dengan perilaku pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini merupakan studi observasional dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi usia >6-12 bulan, yaitu sebanyak 424 orang. Jumlah sampel sebanyak 79 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil uji chi square didapatkan variabel bebas yang berhubungan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif adalah tingkat pendidikan ibu p=0,0001, tingkat pengetahuan ibu p=0,0001, sikap ibu p=0,0001, dukungan suami p=0,0001. Sedangkan variabel bebas yang tidak berhubungan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif adalah tingkat pendapatan keluarga p=0,589. Kesimpulan dari penelitian ini, dari 5 variabel yang diteliti, ada 4 variabel yang berhubungan dengan perilaku pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Panarung kota Palangka Raya.

 

Kata-kata kunci: ASI eksklusif, pendidikan, pengetahuan, sikap, dukungan suami.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI