DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MODEL MAKE A MATCH DI KELOMPOK A TK PEMBINA SEI JANGKIT KECAMATAN BATAGUH KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:MEISKA TITIS UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-18


ABSTRAK

 

Utami, Meiska Titis. 2020. Mengembangkan Aspek  Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Metode Demonstrasi Metode Pemberian Tugas Dan Model Make a Match Di Kelompok A TK Pembina Sei Jangkit Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Rusmansyah, M.Pd.

Kata Kunci : Kognitif, Bilangan, Lambang Bilangan, Demosntrasi, Pemberian Tugas, Make A Match.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek kognitif anak terutama dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan metode demonstrasi dengan metode pemberian tugas dan model make a match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina Sei Jangkit Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas pada kelompok A yang berjumlah 10 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak minimal mendapat skor 3 dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak menggunakan metode demonstrasi, metode pemberian tugas dan model make a match yaitu pada siklus I mendapatkan skor 23 kategori cukup baik, pada siklus II mendapatkan skor 29 kategori baik dan pada siklus III mendapatkan skor 37 kategori sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I mendapatkan skor 52 katefgori cukup aktif, pada siklus II mendapatkan skor 67,5 kategori aktif dan pada siklus III mendapatkan skor 81,5 kategori sangat aktif.

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan metode demonstrasi, dengan metode pemberian tugas dan model make a match dalam mencocokkan konsep bilangan dengan lambang bilangan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK Pembina Sei Jangkit Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI