DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF MELALUI MEDIA GAMBAR KARTUN PADA ANAK AUTIS KELAS IV SD DI SLBC NEGERI PEMBINA LIANG ANGGANG | |
PENGARANG | : | FITRIAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-11-19 |
ABSTRAK
Fitriah, 2020. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Melalui Media Gambar
Kartun Pada Anak Autis Kelas IV SD di SLBC Negeri Pembina Liang
Aggang. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing
(1) Agus Pratomo Andi W., M.Pd dan ( II) Bapak Sihadi., M.Pd.
Kata kunci : Terapi Permainan Media Gambar, Kemampuan Berbahasa Reseptif, Anak
Autis
Permasalahan yang terjadi pada anak autis di kelas IV SD SLBC Negeri Pembina
Liang Aggang di dilihat dari cara anak inisial “A” selama proses pembelajaran
diketahui bahwa gerak gerik yang dilakukan anak autis berbeda dengan anak normal.
Saat belajar ia kurang berkomunikasi dengan orang lain dan asyik dengan dunianya
sendiri terkadang gerak geriknya terlihat lemas, kasar dan kurang luwes. Cara dia
berkomunikasi juga sangat terbatas dan tidak terarah sehingga membuat diribut dalam
proses belajar mengajar terutama anak normal lainnya. Kemampuan dia dalam
berkomunikasi baik dengan guru dan sesama usianya juga kurang sehingga guru
terkadang marah dan kelelahan dalam menangani anak ini. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Berbahasa Reseptif Pada Anak Autis Kelas
IV SD Melalui Media Gambar Kartun Di SLBC Negeri Pembina Liang Aggang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen.
Desain quasi ekperimen dengan time seris. Subjek penelitian ini berjumlah 1 orang anak
autis. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Analisis datanya
menggunakan teknik kuantatif deskriptif dan menggunakan uji T paired sampel.
Hasil dari pre test adalah 65.9% dan pada post test adalah 100% ada peningkatan
yang signifikan yang baik dalam belajar berbahasa secara reseptif pada anak Autis
Kelas IV SD melalui Media Kartun bergambar aktivitas Di SLBC Negeri Pembina
Liang Aggang. Hasil taraf sig 0,013 < 0,05 T Paired dengan t hitung yaitu 2.714.
Artinya: Ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Sebab: Nilai p value >
0,05 (95 % kepercayaan). Mean: 6.33. Hasil dari kecenderungan kemampuan Berbahasa
Reseptif anak autis sesudah perlakuan media kartu bergambar meningkat dengan Rata?rata kenaikannya adalah 6.33.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI