DIGITAL LIBRARY



JUDUL:"ANALISIS LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN PADA USAHA RUMAH MAKAN SAMBAL ACAN RAJA BANJAR"
PENGARANG:NIDA DINA ISLAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-19


ABSTRAK

Nida Dina Islami, 1610412120017, 2020. Analisis Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan pada Usaha Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar (Studi Pada Cabang Jl. RE Martadinata Banjarmasin). Dibawah bimbingan Bapak Rasyidi dan Bapak Hairudinor.

Penelitian ini betujuan menganalisis literasi keuangan dan inklusi keuangan pada usaha rumah makan sambal acan raja banjar. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan gabungan ketiganya atau trianggulasi.

Hasil penelitian rumah makan sambal acan raja banjar menunjukkan bahwa memahami literasi keuangan dan memanfaatkan inklusi keuangan dapat menunjang keberlangsungan usaha. Dalam menjalankan usaha perlu literasi keuangan dalam pengelolaan keuangan yang baik dan tepat sehingga memberi dampak peningkatan pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan keuntungan usaha. Sedangkan inklusi keuangan dapat mempermudah melakukan segala transaksi atau aktivitas usaha, termasuk pembayaran dan pinjaman ke layanan jasa keuangan.

Hal ini membawa kesimpulan bahwa usaha rumah makan sambal acan raja banjar dapat memahami dan menerapkan mengenai literasi keuangan dan inklusi keuangan. Meskipun dalam krisis perekonomian, usaha ini dapat meningkatkan pendapatan usaha, serta dapat memanjukan kuliner khas kalimantan khususnya di Kota Banjarmasin.

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Rumah Makan Sambal Acan Raja Banjar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI