DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN SNOWBALL TROWING SERTA PEMANFAATAN BERBAGAI MEDIA KOLASE PADA PEMBELAJARAN MENEMPEL GAMBAR DENGAN TEPAT DI KELOMPOK B TK PKK PELAMBUAN BANJARMASIN
PENGARANG:AMINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-19


 

ABSTRAK

Aminah. 2020. Kemampuan Motorik Halus Anak dalam Menggunting Bentuk/Pola Melalui Penerapan Model Direct Instruction dan Metode Pemberian Tugas dengan Menggunakan Media Kertas Origami pada Kelompok B Skripsi, Program S1 PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin, Pembimbing Dr. Hj. R. Ati Sukmawati, M.Kom                                                                                          

Kata Kunci : Motorik Halus, Menggunting Bentuk/Pola, Direct Instruction, Pemberian Tugas, Media Kertas Origami.

 

Rendahnya pengembangan fisik motorik halus anak kelompok B pada materi menggunting bentuk pola. Disebabkan kurangnya kemampuan anak dalam mengkoordinasikan mata dan tangan dalam kemampuan menggunting bentuk pola, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pemebalajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk kemampuan motorik halus anak dalam menggunting bentuk/pola melalui penerapan model direct instruction dan metode pemberian tugas dengan menggunakan media kertas origami pada anak TK kelompok

Tujuan dari penelitian ini  adalah dapat menentukan indicator,menentukan aktivitas guru dan menentukan aktivitas belajar anak TK kelompok B dalam kemampuan motorik halus melalui pembelajaran menggunting menggunakan variasi model Direct Instruction dan metode Pemberian Tugas serta pemanfaatan Kertas Origami.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang digunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah hasil studi literature, teknik ini disebut juga dengan studi pustaka yaitu secara menelusuri kepustakaan yang berisi tentang teori-teori dari karya ilmiah baik yang sudah diterbitkan atau belum diterbitkan beruhard copy atau sof copy yang ada pada buku-buku (e-books), makalah , journal online

Hasil studi literatur menelaah jurnal-jurnal, artikel dan skripsi terdahulu dalam bidang mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam menggunting bentuk/pola melalui penerapan model direct instruction dan metode pemberian tugas dengan menggunakan media kertas origami pada anak Indicator kemampuan anak berkembang dan aktivitas guru dapat menerapankan model direct instruction dan metode pemberian tugas dalam bentuk menggunting pola melalui kemampun motorik halus pada anak TK kelompok B.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI