DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH REDUSE-REUSE-RECYCLE (TPS-3R) “GOTONG ROYONG” BERBASIS MASYARAKAT DI LOKTABAT SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MIA SAMIHARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-19


ABSTRAK

 

Mia Samiharti. 2019. Tempat Pengolahan Sampah Reduse-Reuse-Recycle (TPS-3R) “Gotong Royong” Berbasis Masyarakat sebagai Sumber Belajar IPS. Tesis Pada Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. Pembimbing (2) Dr. Syaharuddin, MA.

 

Kata Kunci  : Tempat Pengolahan Sampah, Sumber Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

Keberadaan masalah sampah tidak lepas dari peranan penduduk sebagai penghasil sampah dari aktivitas sehari-hari, maupun kemampuan mereka dalam melakukan pengelolaan. Mengingat pentingnya pemecahan masalah sampah di masyarakat, untuk menciptakan kebersihan lingkungan, maka hadirlah program pemerintah berupa  program kegiatan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan profil TPS-3R di TPS Loktabat Selatan Banjarbaru. Mendeskripsikan peran serta masyarakat dan pemerintah kota dalam mengelola sampah. Mendeskripsikan bahwa tempat pengolahan sampah 3R dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, member check, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Kegiatan Pengolahan Sampah (TPS) 3R di Loktabat Selatan terdapat tahapan-tahapan yang harus dilakukan, mulai dari tahap pengangkutan sampah, pemilahan sampah organik dan anorganik, proses komposting sampai ke tahap penjualan. Kegiatan Pengolahan Sampah (TPS) 3R di Loktabat Selatan tidak lepas dari peran masyarakat dan pemerintah, yaitu adanya interaksi diantara mereka untuk melakukan sosialisasi, pengolahan sampah dan melakukan kegiatan distribusi. Kegiatan Pengolahan Sampah (TPS) 3R di Loktabat Selatan dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS, khususnya ke dalam beberapa materi pembelajaran IPS di kelas VII, VIII, dan kelas IX.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI