DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LEVEL PENILAIAN PENDIDIKAN JASMANI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:SRI KARUNA NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-19


ABSTRAK

 

Sri Karuna Ningrum. 2020. Level Penilaian Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Perdinanto, M. Pd. (II) Dr. Rahmadi, S. Pd, M. Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuilevel Penilain Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran2019/2020. Jenis penelitian ini adalah survey dengan menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Populasi dalam penelitian ini adalah pendidik PJOK kelas IX yang bermitra dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang ada di Banjarbaru dengan sampel diambil menggunakan popusive yang berfokus pada Sekolah Menengah Pertama Negeri pada kelas IX yang bermitra dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang ada di Banjarbaru. Instrumen yang digunakan adalah panduan penilaian.

Adapun hasil tabulasi data dari total 3 sampel yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif  dalam level penilaian berdasarkan kurikulum 2013 proses belajar mengajar. Di  SMP Negeri 3 Banjarbaru pendidik menggunakan Kata Kerja Operasional Melakukan, Menggunakan, dan Mempraktikkan.  Ada di level Manipulasi (P2), Artikulasi (P4), dan Presisi (P3) dengan persentase sekolah 44%. Pada SMP Negeri 1 Banjarbaru pendidik menggunakan Kata Kerja Operasional Mempraktikkan, Melakukan, dan Menggunakan. Ada di level Presisi (P3), Manipulasi (P2), dan Artikulasi (P4) dengan persentase sekolah 16%. Sedangkan SMP Negeri 2 Banjarbaru pendidik menggunakan Kata Kerja Operasional Mempraktikkan level Presisi (P3) dengan persentase 40%.

Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah, dengan menggunakan dokumen instrumen level penilaian, berdasarkan sampel yang di teliti padalevel Penilaian Kata Kerja Operasional aspek psikomotor dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran2019/2020. Lebih dominan menggunakan level Presisi (P3) Kata Kerja Operasional Mempraktikkan dengan persentase 84%

 

 

Kata Kunci: Level penilaian,  Psikomotor, Pendidikan Jasmani, Kurikulum 2013

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI