DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL GERAK HARMONIK SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN E-LEARNING
PENGARANG:HANA PERTIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-19


Buku ajar elektronik yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 6 Banjarmasin belum tersedia, terutama pada materi gerak harmonik sederhana. Tujuan penelitian ini, yaitu menghasilkan e-modul gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik melalui pendekatan e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE yang diuji cobakan pada 25 peserta didik kelas X MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen penilaian validitas e-modul, angket respon peserta didik, dan tes keterampilan pemecahan masalah. Analisis data diperoleh melalui rata-rata uji validitas, rata-rata skor angket respon peserta didik, dan uji N-gain pada tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas e-modul gerak harmonik sederhana diperoleh 3,54 dan berkategori sangat valid (2) kepraktisan e-modul gerak harmonik sederhana diperoleh 2,86 dan berkategori praktis (3) efektivitas e-modul gerak harmonik sederhana diperoleh 0,37 dan berkategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa e-modul gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: e-modul, gerak harmonik sederhana, keterampilan pemecahan masalah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI