DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DALAM MENERAPKAN DISIPLIN ( STUDI KASUS ) DI TK KHEMALA BHAYANGKARI 21 DI PELAIHARI , KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:BAYU YULI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-20


 

Lestari, Bayu Yuli. 2020. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter (studi multi situs) di TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad. Tesis. Program Magister Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Hj Asniwati, M.Pd.(2) Dr. Ali Rachman, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci :    Kurikulum berbasis karakter, Manajemen Kurikulum.

 

 

 

Penelitian ini berlatar belakang masih rendahnya guru dalam memahami perangkat pembelajaran kurikulum berbasis karakter. Hasil laporan  tahun ajaran 2019/2020 dengan keadaan TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad yakni masih kurangnya perhatian terhadap manajemensekolah.Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum.

 

Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum berbasis karakter di TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad di Pelaihari kabupaten Tanah Laut? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis Karakter di TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi deskripsi lapangan yang dilaksanakan di TK  Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  (studi multi situs) dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif (studi multi situs) dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum berbasis Karakter di TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum berbasis karakter di TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad di Pelaihari yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain sulitnya memahami RPPM untuk dijadikan RPPH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RPPM dan RPPH Pelaksanaan kurikulum di TK Khemala Bhayangkari 21 dan TK Sabilal Rosyad tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasi, ada evaluasi terhadap siswa dan evaluasi terhadap guru.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan referensi  dan dikaji lebih dalam lagi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI