DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN LURAH DAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT
PENGARANG:NOVAN FARABY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-11-20


ABSTRAK

Novan Faraby, D1B115030, 2020: “Kepemimpinan Lurah dan Tingkat Partisipasi Masyarakat”. Di bawah bimbingan Ellisa Vikalista (Pembimbing I) dan Jamaluddin (Pembimbing II).

Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui kepemimpinan Lurah terhadap tingkat partisipasi masyarakat dan seberapa tinggi tingkatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Kemudian data dideskripsikan dan dianalisis dari aspek, manipulasi,  konsultasi, membuat kesepakatan, membuat keputusan, mengambil resiko, kerjasama dan manajemen diri.

Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur data yang digunakan ialah data interval (skala likert). Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan observasi, sedangkan teknik analisis menggunakan teknik analisis parsial dan teknik analisis total keseluruhan.

Hasil penelitian kemudian dioleh dengan mendeskripsikan setiap butir pertanyaan, dari 25 butir pertanyaan yang dibuat kemudian dihitung secara parsial (setiap indikator yang terbagi dalam sejumlah pertanyaan), kemudian dibagi menjadi tujuh dimensi. Adapun dimensi berada dalam kelas kategori yang tinggi. Dengan persentase setiap dimensi yaitu, manipulasi 30,42%, konsultasi 83,61%, membuat kesepakatan 78,28%, membuat keputusan 82,09%, mengambil resiko 75,14%, kerjasama 80,71%, manajemen diri 84,57%. Selanjutnya analisis secara keseluruhan dari total dimensi yang dibagi dalam tujuh indikator termasuk pada kategori sedang dengan persentase 72,61 %.

            Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk pihak pemerintah terkhusus kelurahan Ulu Benteng agar meningkatkan lagi kinerja dan upaya yang sudah dilakukan seperti halnya dalam dimensi membuat kesepakatan dan mengambil resiko masih tergolong persentase yang agaknya lebih rendah dari dimensi lainnya sedangkan untuk kelas kategori tinggi dan dimensi yang lain agar dipertahankan serta ditingkatkan lagi usaha-usaha untuk meningkatakan partisipasi masyarakat agar semakin tinggi terkecuali dimensi manipulasi.

 

Kata kunci : Kepemimpinan, Partisipasi Masyarakat, Perencanaan dan Pembangunan

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI